PETA INTERAKTIF UNTUK PERAGA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA

Ratna Saraswati, M.H. Dewi Susilowati, Tito Latif Indra

Abstract


Pembelajaran Geografi di SMA selama ini dilakukan dengan cara konvensional yaitu ceramah dengan materi dari buku teks yang ada, tanpa alat peraga. Peraga yang digunakan seringkali hanya berupa ilustrasi di papan tulis. Padahal alat peraga merupakan sarana untuk menjelaskan fenomena geografi yang menjelaskan lokasi suatu daerah, fenomena bentang alam dan lainnya, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan terpenuhi. Ketiadaan alat peraga ini menjadikan pelajaran Geografi menjadi tidak efektif dan cenderung membosankan. Alat peraga untuk pembelajaran Geografi yang efektif adalah berupa peta yang akan memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, karena di dalam peta ditunjukkan berbagai informasi yang menunjang pembelajaran Geografi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD). KI dan KD dalam Pelajaran Geografi SMA mulai dari Kelas X hingga Kelas XII, semuanya memerlukan peraga peta sebagai alat bantu pembelajarannya. Dari SK dan KD tersebut, alat peraga peta sangatlah diperlukan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan pokok-pokok bahasan sehingga penyampaian menjadi menarik dan lebih efektif.
Kata Kunci: peta interaktif, SIG, perangkat lunak Quantum, geografi

ABSTRACT
Learning Geography in high school has been done conventionally by lectures with contents from textbooks without props or demonstration unit. Illustrations on white boards are most often used as the only props. Whereas props could be used as means to better explained geographical phenomenon such as region‟s locations, landscape phemonenon, and others, thereby learning purposes could be met and fulfilled. The absence of props makes geography learning process ineffective, hence it tends to be boring. A prop that could be effective for geography learning is in forms of map that could make students easy to understand during the learning process, because maps could show various informations that could support geography learning according to Core Competency (KI) and Basic Competency (KD). KI and KD in high school geography student from class X to class XII, that all needs map demonstration unit for its auxiliary learning tools. From its SK and KD, map props is crucial as a learning module to better convey the lessons contents so that the learning process could be more interesting and more effective.
Keywords: interactive map, GIS, Quantum software, geography


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 520 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL ILMIAH GEOMATIKA

Geomatika Indexed by:

 

Copyright of Geomatika