ANALISIS KERAPATAN DAN PERUBAHAN LUAS LAHAN MANGROVE KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2013, 2015, DAN 2017

Benita Roseana, Mega Dharma Putra

Sari


Mangrove merupakan jenis tanaman tropis yang komunitasnya tumbuh pada wilayah yang masih dipengaruhi oleh pasang surut. Kerusakan ekosistem mangrove sangat mempengaruhi ekosistem didaerah pesisir, kerusakan ekosistem mangrove dapat terjadi secara alami maupun buatan seperti erosi ataupun penebangan liar, maka perlu dilakukan penelitian tentang luasan mangrove dengan menggunakan sistem penginderaan jauh (Remote Sensing). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan luasan dan kerapatan mangrove yang terjadi dari tahun 2013, 2015, dan 2017 di daerah Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi citra Landsat 8 dengan menghitung indeks kerapatan vegetasi atau Normalized Diffrerence Vegetation Index (NDVI) yang diperoleh dengan perhitungan near infrared dengan red yang dipantulkan oleh tumbuhan. Nilai NDVI diperoleh dengan membandingkan data near-infrared (NIR) dan Red. NDVI adalah nilai Normalized Diffrerence Vegetation Index, NIR adalah band 5 citra Landasat 8 dan Red adalah band 4 dari citra Landsat 8. Teknik analisis dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG), dengan menentukan nilai kerapatan tajuk vegetasi menggunakan hasil dari perhitungan NDVI,kemudian nilai kelas NDVI tersebut diklasifikasi ulang (reclass) menjadi tiga kelas, yaitu kerapatan jarang, sedang dan rapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerapatan vegetasi di daerah penelitian adalah jarang dengan nilai 0,10–0,15, tingkat kerapatan sedang dengan nilai 0,15–0,20 dan rapat dengan nilai 0,2–1.

Referensi


As-Syukur Rahman, A dan Adnyana Sandi, I.W. 2008. Analisa INdeks Vegetasi Menggunakan Citra Alos/Avnir-2 Dan Sistem Informasi (SIG) Untuk Evaluasi Tata Ruang Kota Denpasar. www.ejournal.unud.ac.id.pdf. Diakses pada 15 Juli 2018.

Bengen, D.G. 2002. Sinopsis Ekosistem Sumber Daya Alam Pesisir dan Laut serta Prinsip Pengelolaannya.

Dinas Perikanan dan Kelautan Sidoarjo. 2011. Buku Tahunan Statistik Mangrove Sidoarjo. Bogor: Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB.

Esti, W., Trihadiningrum, Y. 2005. Kajian Formasi Hutan Mangrove di Pantai Timur Sidoarjo. Surabaya: Institut Teknologi Surabaya.

Philiani. 2016. Pemetaan Vegetasi Hutan Mangrove Menggunakan Metode NDVI Di Desa Arakan, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Vol.1, No.2. Department of Environmental Engineering, Surya University.

Putra H, Erwin. 2011. Penginderaan Jauh dengan Er Mapper. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rochana, E. 2010. Ekosistem Mangrove dan Pengelolaannya di Indonesia. www. Irwantoshut.com.

Wass, H.J.D., Nababan.B. 2008. Pemetaan dan Analisis Index Vegetasi Mangrove di Pulau SaparuaMaluku Tengah. E-Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. Vol.2, No.1, Hal 50-58, Juni 2010.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.