STUDI DISTRIBUSI TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) TAHUN 2007, 2013, DAN 2016 MENGGUNAKAN CITRA LANDSAT

Titis Ismayanti, Mega Dharma Putra

Sari


Pada tahun 2010, Gunung Merapi erupsi dan mengeluarkan material-material vulkanik. Material-material ini terbawa aliran hujan memenuhi sungai seperti Sungai Opak dan Sungai Progo. Sungai ini membawa material vulkanik sampai ke Kepesisiran Kabupaten Bantul. Material ini nantinya mengedap dan mempengaruhi kualitas air. Total Suspended Solid (TSS) merupakan salah satu parameter yang dapat digunakan untuk perhitungan serta analisis kualitas air. Total Suspended Solid adalah residu dari padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel maksimal 2µm atau lebih besar dari ukuran partikel koloid. Semakin tinggi nilai TSS menunjukkan semakin tingginya tingkat pencemaran atau semakin rendahnya kualitas air. Penelitian ini meneliti distribusi TSS pada tahun 2007, 2013, dan 2016 di Kepesisiran Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan penginderaan jauh. Algoritme TSS yang dipakai adalah Algoritme Syarif Budiman. Algoritme ini digunakan karena algoritme ini lebih cocok untuk kondisi perairan di iklim tropis. Algoritme ini berdasarkan nilai radian dam reflektan.

 

Kata kunci: TSS, Penginderaan Jauh, Kepesisiran Kabupaten Bantul


Referensi


Andini, Vera Maya, dkk. 2015. Studi Persebaran Total Suspended Solid (TSS) Menggunakan Citra Aqua Modis di Laut Senunu, Nusa Tenggara Barat.

Budianto, Syaiful dan Teguh Hariyanto. 2017. Analisis Perubahan Konsentrasi Total Suspended Solids (TSS) Dampak Bencana Lumpur Lapindo Sidoarjo Menggunakan Citra Landsat Multitemporal. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Budiman, S,. 2004. Mapping TSS Concentrations from Multisensor Satellite Images in Turbid Tropical Coastal Waters of Mahakam Delta, Indonesia. Master Thesis, Geo-Information Science and Earth Observation, ITC, Enschede the Netherland.

Helfinalis, Sultan dan Rubiman. 2012. Padatan Tersuspensi Total di Perairan Selat Flores Boleng Alor dan Selatan Pulau Adonara Lembata Pantar. Vol.17 (3) 148-153pp


Article Metrics

Sari view : 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.