PEMETAAN PERSEBARAN KLOROFIL-A DI PERAIRAN SELATAN JAWA TAHUN 2017 MENGGUNAKAN CITRA AQUA MODIS LEVEL 3

Reza Gita Natanael Sijabat, Mega Dharma Putra

Sari


Oksigen terlarut merupakan parameter oseanografi yang berpengaruh besar terhadap kehidupan yang terjadi di suatu perairan. Oksigen terlarut pada suatu perairan di pengaruhi oleh kadar Klorofil-a yang ada pada perairan tersebut. Penelitian kali ini menggunakan data dari citra Aqua MODIS level 3 dan berlokasi di Perairan Jawa selatan. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui pola persebaran dan juga nilai variabilitas Klorofil-a yang ada di perairan Selatan Jawa pada tahun 2017. Analisa data yang di gunakan pada penelitian ini adalah analisa deskriptif yang meliputi analisa grafik dan analisa peta persebaran Klorofil-a. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Klorofil-a pada perairan Selatan Jawa berkisar antara 0,07 mg/l – 0,58 mg/l. Nilai tertinggi Klorofil-a terjadi pada bulan Agustus dengan nilai 2,12 mg/l dan terendah dengan nilai 0 mg/l pada bulan Januari, Februari, Maret, April, September, Oktober, November, Desember. Klorofil-a pada Perairan Jawa sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh musim. Penelitian kali ini menunjukkan bahwa pada musim Timur memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding musim lainnya.

Referensi


Kunarso, dkk. (2011). Karakterisitik Upwelling di Sepnajang Perairan Selatan NTT hingga Barat Sumatera. Jurnal Ilmu Kelautan. 10(1): 17-28.

Kurinianingsih T. Dkk. (2017). Analisis Sebaran Suhu Permukaan Laut, Klorofil-A, dan Angin Terhadap Fenomena Upwelling di Perairan Pulau Buru dan Seram. Jurnal Geodesi. Volume 6, No 1, ISSN: 2337-845X.

Meliani. (2006). Kajian Konsentrasi Dan Sebaran Spasial Klorofil-a di Perairan Teluk Jakarta Menggunakan Citra Satelit Aqua MODIS. Bogor Skripsi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Nontji. (2005). Laut Nusantara (Edisi Keempat). Jakarta: Djambatan.

Nuriya, Halida dkk. (2010). Pengukuran Konsentrasi Klorofil-a Dengan Pengolahan Citra Landsat ETM-7 dan Uji Laboratorium Di Perairan Selat Madura Bagian Barat. Jurnal Kelautan Volume 3, No.1. Universitas Trunojoyo.

Riyono, S.H; Afdal, A. Rozak. (2006). Kondisi Perairan Teluk Klabat Ditinjau dari Kandungan Klorofil–a Fitoplankton. Oseanologi dan Limnologi Indonesia No 39 tahun 2006. Hal 19-36.

Sha T. (2017). Pendugaan Upwelling Di Perairan Selatan Pulau Jawa Menggunakan Citra Satelit Aqua Modis Perekaman Tahun 2014-2016. Skripsi. Geografi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Taufik M., Nico Wiliyanto. (2016). Analisa Persebaran Klorofil-A Menggunakan Citra Meris dan Citra Aqua Modis (Studi Kasus : Perairan Pantai Banyuwangi. Jurnal Geodesi Vol. 11 No. 2 : 199-204.

Ulqodry, T.Z., Aryawaty, R., dkk, (2013). Pola Sebaran Konsentrasi Klorofil-a di Selat Bangka dengan Menggunakan Citra Aqua-Modis. Maspari Journal. Vol.5, 22–33.

Wirasatriya A. (2011). Pola Distribusi Klorofil-a dan Total Suspended Solid (TSS) di Teluk Toli Toli, Sulawesi. Vol.1 137 – 149.


Article Metrics

Sari view : 8 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.